JudulPerbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan PhET Dengan Real Lab Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 Sigi |
Nama: MILDAWATY |
Tahun: 2024 |
Abstrak Mildawaty, 2024. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Phet Dengan Real Lab Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Gustina S.Pd., M.pd. Kata kunci: Model Problem Based Learning, PhET, Real Lab, Pemahaman Konsep Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Model Promble Based Learning (PBL) Berbantuan PhET dengan Real Lab Terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 SIGI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain“ nonequivalent control group design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling dan menghasilkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk plihan ganda beralasan. Hasil penelitian tes pemahaman konsep fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen 50,97 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 37,44. Hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbandingan Model Promble Based Learning (PBL) Berbantuan PhET dengan Real Lab Terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 SIGI. |