JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MENGGUNAKAN FOUR TIER TEST PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMAN 7 PALU |
Nama: MOH.MUHTAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 5 SMAN 7 Palu pada materi suhu dan kalor menggunakan tes diagnosis Four tier test. Jenis penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan mix metod dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 5 di ambil dari populalsi siswa kelas XI IPA SMAN 7 Palu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 5 yang terdiri dari 27 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes diagnosis four tier test yang meliputi indikator mengartikan, memberikan contoh, mengklasifikasikan, menggeneralisasikan, menginferensi, membandingkan, dan menjelaskan. Kemudian dilakukan wawancara mendalam terkait dengan pemahaman konsep siswa dan faktor yang mempengaruhi. Berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa persentase pemahaman konsep siswa kelas IPA 5 SMAN 7 Palu pada materi suhu dan kalor yaitu pada kriteria paham konsep sebesar 14%, kriteria tidak paham konsep sebesar 12%, dan kriteria miskonsepsi sebesar 74%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika kelas XI IPA 5 SMAN 7 Palu masih dalam kategori rendah. |