JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN ASESMEN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DONDO |
Nama: ARYANI SYAHBUDIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Aryani Syahbudin, (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based LearningDengan Menggunakan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dondo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Wayan Darmadi. Kata kunci : model Problem Based Learning, asesmen kinerja, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan asesmen kinerja terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Dondo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Dondo. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling Kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Persentase rata-rata hasil belajar yang mengikuti model Problem Based Learningadalah 79,03% yang kemampuan belajarnya meningkat dan presentasi rata-rata asesmen kinerja pengamatan yaitu 3,10 dan 3,29 dikategorikan baik serta hasil ratarata diskusi yaitu 2,92 juga dikategorikan baik.Analisa data pengujian hipotesis menggunakan uji-u. Dari hasil uji statistik disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan asesmen kinerja pada materi usaha dan energi siswa kelas X SMA Negeri 1 Dondo. |