Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS MISKONSEPSI MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PADA SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST DI SMPN 2 TOJO
Nama: MOH. RIFKI GUNAWAN
Tahun: 2022
Abstrak
Moh. Rifki Gunawan, (2022). Analisis Miskonsepsi Materi Getaran dan Gelombang Pada Siswa Menggunakan Teknik Four Tier Diagnostic Test di SMPN 2 Tojo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Amiruddin Hatibe. M.Si. Kata kunci : miskonsepsi, getaran gelombang, Four Tier Diagnostik Test Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah miskonsepsi pada materi getaran dan gelombang di SMPN 2 Tojo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Mixed method. Subjek penelitian ini sebanyak 12 siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Tojo. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Four Tier Diagnostic Test dengan bentuk soal pilihan ganda beralasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi pada siswa SMP Negeri 2 Tojo adalah sebesar 59,99?ngan kriteria tingkat miskonsepsi sedang. Persentase miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep hubungan getaran dan gelombang secara menyeluruh, khususnya indikator menganalisis besaran yang dapat mempengaruhi periode getaran dan membedakan antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Kemudian miskonsepsi terendah terjadi pada soal yang membahas tentang pengidentifikasian gelombang longitudinal

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up