JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL MENGGUNAKAN REPRESENTASI GRAFIK, SIMBOLIK, DAN VERBAL PADA MATERI GERAK LURUS |
Nama: ZAENAB |
Tahun: 2022 |
Abstrak Zaenab, 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Soal Menggunakan Representasi Grafik, Simbolik, dan Verbal pada Materi Gerak Lurus. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Haeruddin, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Soal, Representasi, Gerak Lurus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan soal dengan menggunakan representasi dalam bentuk grafik, simbolik, dan verbal pada materi gerak lurus pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Baras. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method. Subjek pada penelitian ini sebanyak 40 siswa kelas X IPA Tahun Ajaran 2021/2022. Sedangkan responden yang dipilih adalah subjek penelitian yang nilainya termasuk dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah yang berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian dalam bentuk grafik, simbolik, dan verbal serta lembar panduan wawancara. Berdasarkan hasil analisa data penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Baras pada kelas X, Berdasarkan hasil analisa data penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Baras pada kelas X, maka dapat disimpulkan bahwa analisis kemampuan pemecahan soal siswa pada materi gerak lurus termasuk dalam kategori sedang. Pada representasi grafik kemampuan pemecahan soal siswa tergolong dalam kategori rendah, kemampuan representasi simbolik siswa tergolong dalam kategori tinggi, sedangkan kemampuan representasi verbal siswa tergolong dalam kategori sedang. |