Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA PHYSICSPOLY (MONOPOLI FISIKA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SINDUE TOBATA
Nama: ANDINI PRADITA SANDY
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Andini Pradita Sandy, 2022. Pengaruh Media Physicspoly (Monopoli Fisika) dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Jarnawi, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Physicspoly (Monopoli Fisika), Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Fisika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media Physicspoly (monopoli fisika) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest goup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian iniadalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 25 orang. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator ahli. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 19,82 lebih tinggi daripada kelompok kontrol yaitu 16,02. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh ????hi????????????g = 4,94 dan ????0,975(56)= 2,00 pada taraf nyata ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai ????hi????????????g berada pada daerah penolakan H0, dengan demikian maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Physicpoly (Monopoli Fisika) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up