JudulPengaruh Penggunaan Teachmint Sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik |
Nama: RANI PALANGGA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Kata kunci : Teachmint, Berbasis Masalah, Berpikir Kritis Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Teachmint sebagai media pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Pasangkayu. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 (n=17) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 (n=10) sebagai kelas kontrol. Instrument kemampuan berpikir kritis berupa tes essay yang telah divalidasi. Hasil tes kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen 14,53 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 11,90. Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test, diperoleh nilai thitung = 2,817 pada taraf nyata ? = 0,05 dan df = 25 dengan nilai Sig 2 tailed = 0,009 < 0,05. Hal ini berarti nilai thitung dan nilai Sig 2 Tailed berada diluar penerimaan H0 sehingga H1 diterima. Hasil Analisa data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teachmint sebagai media pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. |