Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA STATIS
Nama: HESTI PURWASIH
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Hesti, 2024. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Fluida Statis. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Falkutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Dr. Ir. Amiruddin Kade S.Pd., M.Si., Dan pembimbing II Syamsuriwal, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kesalahan siswa, pemecahan masalah, model polya, fluida statis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian terdiri atas 29 siswa kelas XI MIA 3 di SMA Negeri I Sindue tahun ajaran 2020/2021. Terdapat 2 instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu Tes Seleksi Responden (TSR) dan tes essay. Tes seleksi responden (TSR) terdiri atas 20 soal pilihan ganda yang digunkan untuk memilih 6 responden berdasarkan 3 kategori yaitu 2 kategori tinggi, 2 kategori sedang, dan 2 kategori rendah. Sedangkan tes essay terdiri atas 6 soal pemecahan masalah yang digunakan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan siswa dalam memecahkan masalah pada materi fluida statis yang diselesaikan secara teknik thingking aloud. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah di analisis berdasarkan tahapan model Polya. Setelah itu, dilakukan wawancara yang digunakan untuk memperoleh keterangan yang lebih rinci dan tidak terungkap pada tes essay. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan empat tahapan Polya yaitu pada tahap memahami masalah kesalahan yang dilakukan siswa yaitu siswa tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanya, keliru dalam menuliskan variabel yang diketahui dan ditanya, keliru dalam menentukan simbol, dan tidak menuliskan simbol untuk tiap variabel yang diketahui dan ditanya. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tahap menyusun rencana yaitu siswa keliru dalam menuliskan rumus dan siswa tidak menuliskan rumus. Kesalahan pada tahap melaksanakan rencana yaitu keliru dalam melaksanakan langkah penyelesaian, siswa hanya menuliskan hasil akhirnya saja tanpa proses penyelesaian, kesalahan saat melakukan operasi hitung serta tidak menuliskan satuan pada akhir jawaban. Kesalahan pada tahap memeriksa kembali yaitu siswa tidak memeriksa Kembali jawaban hal ini dikarenakann siswa sudah merasa yakin dengan jawabannya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up