JudulPENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINDUE TOBATA |
Nama: PUPUT ANDRIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Puput Andriani, 2021. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Muhammad Ali (2) Muhammad Jarnawi. Kata Kunci: Science, Technology, Engineering, and Mathematics, Hasil Belajar Fisika Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics terhadap hasil belajar fisika siswa kelas SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain The Non equivalen, Pretest-postest Design. Sampel dari penelitian ini diambil dari 2 kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics dan kelas kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 15,95 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 12,25. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh t_hitung=3,00 dan t_(0,0975(38))=2,024 pada taraf nyata a=0,05. Ini berarti bahwa nilai t_hitung berada diluar daerah penerimaan H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan pendekatan STEM dengan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tobata. |