JudulPENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BELAJAR MANDIRI DENGAN TEKNIK FEYNMAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: DIAH RIZKITA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Diah Rizkita, 2024. “ Pengaruh Penggunaan Teknik Belajar Mandiri dengan Teknik Feynman dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 19 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Muhammad Jarnawi S.Pd., M.Pd. Penting bagi siswa untuk memahami cara dan teknik belajarnya sendiri agar dapat belajar secara mandiri dan tidak hanya bergantung pada guru. Sayangnya, banyak siswa yang belum mengenal teknik belajar karena biasanya tidak diajarkan di sekolah. Salah satu teknik belajar mandiri yang efektif adalah Teknik Feynman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Teknik Feynman terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (quasi eksperiment). Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 19 Palu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran fisika dimana masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk essay berjumlah 10 nomor. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Independent Sample T-Tests dengan taraf signifikansi (? = 5%). Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,034 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak, yang berarti penggunaan Teknik Feynman berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas IX SMP Negeri 19 Palu. Hal ini juga tergambar dari adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen dan Kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Kontrol adalah 37,45. Sedangkan siswa kelas Eksperimen memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 45,75. Kata kunci: Teknik Feynman, Teknik Belajar Mandiri, Hasil Belajar |