JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIK TEST PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 8 LUWU TIMUR |
Nama: SISKA RINI HIDAYATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four tier diagnostik test di SMA Negeri 8 luwu timur. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas x ipa 1 yang berjumlah 27 siswa. Intrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda 4 tingkat (four tier diagnostic tes) yang terdiri dari 15 butir soal, memuat tentang konsep usaha dan energi. Dari data hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi siswa yang terjadi di SMA Negeri 8 luwu timur sebesar 33,58?ngan kriteria sedang. Miskonsepsi tertinggi di dominasi oleh sub konsep usaha dan energi potesial sedangkan miskonsepsi terendah di dominasi oleh sub konsep energi kinetik dan daya. |