JudulIdentifikasi Pemahaman Siswa Berdasarkan TIE Pada Materi Termodinamika |
Nama: SUHARLINDA KORU |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa berdasarkan TIE pada materi termodinamika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Katolik Santo Andreas Palu yang berjumlah 15 siswa. Responden pada penelitian ini adalah 6 siswa yang dipilih berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data diperoleh dari Tes Seleksi Responden (TSR) berupa tes esai sebanyak 9 nomor yang diberikan kepada subjek penelitian. Tes pemahaman konsep sebanyak 6 nomor soal esai yang diberikan kepada responden dengan menggunakan teknik Thinking Aloud, kemudian dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa berdasarkan indikator pemahaman translasi tergolong sedang. Pada indikator pemahaman interpretasi termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan untuk indikator pemahaman ekstrapolasi termasuk dalam kategori tertinggi. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Thinking Aloud, Termodinamika |