JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA APLIKASI WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 3 SIGI |
Nama: JULISMAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Julisman, 2022. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Dengan Media Aplikasi WhatsApp Pada Mata Pelajaran Fisika DI SMA N 3 Sigi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Syamsu, M.Si. Kata kunci: pandemi, pembelajaran daring,WhatsApp , persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dengan media aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran fisika di SMA N 3 SIGI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu terdiri dari 32 0rang siswa kelas XI MIPA I. Pengumpulan data menggunakan lembar angket dan wawancara. Lembar angket pada penelitian ini meliputi 4 indikator yaitu sikap, suasana lingkungan, interaksi dan sarana komunikasi siswa terhadap pembelajaran daring dengan media aplikasi WhatsApp . Dilanjutkan dengan wawancara sebagai data pendukung penelitian . Berdasarkan hasil penelitian untuk indikator sikap memperoleh sebesar 59,4?lam kategori kurang baik, suasana lingkungan sebesar 57,3% kategori kurang baik, interakasi 68,9% kategori kurang baik dan indikator sarana komunikasi 59,0% kategori kurang baik. Berdasarakan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa secara umum persepsi siswa masi kurang baik terhadap pembelajaran daring dengan media aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran fisika dengan persentase nilai rata-rata yaitu 61,1% termasuk dalam kategori kurang baik. |