JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sindue Tobata. |
Nama: HESTI LONDONG PADANG |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, dimana kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes essai yang telah divalidasi. Persentase rata-rata keterampilan berpikir kreatif yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together adalah 67,35% yang berkriteria kreatif dan presentase rata-rata yang mengikuti pembelajaran konvensional adalah 63,39% yang berkriteria kreatif. Hasil perhitungan statistik dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan harga thitung sebesar 0,90 dan ttabel 2,00 pada taraf signifikansi 5?n dk = 72. Disimpulkan bahawa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tobata. ? Kata Kunci : Kooperatif Tipe NHT, Keterampilan Berpikir Kreatif |