JudulKEMAMPUAN BERARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMA PADA MATERI ELASTISITAS |
Nama: DIFA RIA SANTI.R |
Tahun: 2022 |
Abstrak Difa Ria Santi. R, 2021. Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA pada materi Elastisitas. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Darsikin, M.Si. Kata Kunci : Argumentasi Ilmiah, Elastisitas. Argumentasi ilmiah merupakan proses mengumpulkan berbagai komponen yang dibutuhkan untuk membangun suatu pendapat/argument. Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa SMA pada materi elastisitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sarudu. Pengumpulan data meliputi observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes argumentatif sebanyak 5 butir soal, kemudian dilakukan wawancara lebih mendalam terhadap responden berkaitan dengan elastisitas. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berargumentasi ilmiah siswa SMA Negeri 1 Sarudu dalam kategori sedang. Kurangnya kemampuan berargumentasi ilmiah peserta didik di akibatkan kurangnya pemahaman konsep peserta didik pada materi elastisitas sehingga berpengaruh terhadap kemampuan berargumentasi ilmiah sehingga di perlukan metode pembelajaran yang mengedapankan kemampuan berargumentasi ilmiah. |