Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN ASESMEN RANKING TASK EXERCISE ( RTE ) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 BARAS |
Nama: EMA FEBRIANTI S |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ema Febrianti S, 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Asesmen Rangking Task Exercise (RTE) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA NEGERI 1 BARAS”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing IWayan Darmadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan asesmen rangking task exercise (RTE) terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas XI MIA SMA NEGERI 1 Baras. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (quasi experimen). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA NEGERI 1 Baras berjumlah 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah nonequivalent control group design, dengan cara dimana kelas XI MIA 1 sebagai Kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol, instrumen yang digunakan berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 nomor. Data hasil peneltian ini diolah atau dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pemahaman konsep yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Mann-Whitney (Uji-U) dengan taraf nyata ?= 0,05. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Asesmen Rangking Task Exercise (RTE) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA NEGERI 1 BARAS. Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, asesmen rangking task exercise (RTE), Pemahaman konsep. ? |