JudulAnalisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Fisika SMA Negeri 1 Baras |
Nama: EVIRAHYANI W.LAPAME |
Tahun: 2025 |
Abstrak Evirahyani W. Lapame, 2024. “Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Fisika SMA Negeri 1 Baras”. Skripsi. Program Studi Penedidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Muh. Syarif S.Pd., M.Pd. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptiif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan siswa menyelesaikan soal fisika SMA Negeri 1 Baras. penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Baras. Subjek dari penelitian ini adalah 1 kelas siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes esai yang berasal dari guru mata pelajaran fisika. Data hasil tes kemudian dianalisis berdasarkan tahapan polya untuk menentukan presentase tingkat kesulitan siswa menyelesaikan soal fisika. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesulitan siswa menyelesaikan soal fisika berdasarkan tahapan polya yaitu tahap memahami masalah kesulitan yang dialami siswa sebesar 42?ngan kesalahan tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dan tidak menuliskan simbol. Kesulitan yang dialami siswa pada tahap menyusun rencana sebesar 33% yaitu siswa keliru dalam menuliskan rumus dan tidak menuliskan rumus. Pada tahap melaksanakan rencana kesulitan siswa sebesar 37% yaitu menuliskan langkah penyelesaian hanya 1 poin dan hasil akhir salah, menuliskan langkah penyelesaian soal tapi salah, keliru dalam perhitungan dan hanya menuliskan jawaban tanpa proses penyelesaian. Pada tahap memeriksa kembali kesulitan siswa sebesar 64% yaitu tidak memeriksa kembali jawaban sebelum dikumpulkan. Kata Kunci : Kesulitan Siswa, Soal Fisika, Tahapan Polya |