JudulKemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Usaha Dan Energi Berdasarkan Tahapan Model IDEAL |
Nama: UMAIRAH YAMALIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal usaha dan energi berdasarkan tahapan model IDEAL. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Buko Selatan di Kabupaten Banggai Kepulauan yang berjumlah 26 siswa. Responden pada penelitian ini adalah 6 siswa yang dipilih berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data diperoleh dari Tes Seleksi Responden (TSR) berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor yang diberikan kepada subjek penelitian, tes esai sebanyak 5 nomor soal yang diberikan kepada responden yang disertai dengan Thinking Aloud dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal usaha dan energi menggunakan tahapan model IDEAL berada pada kategori kurang dengan rata-rata persentase sebesar 40,91%. Pada tahapan mengidentifikasi masalah diperoleh persentase sebesar 56,00?ngan kategori cukup, tahapan menentukan tujuan masalah diperoleh persentase sebesar 46,67?ngan kategori cukup, tahapan mengeksplorasi strategi yang mungkin diperoleh persentase sebesar 45,33?ngan kategori cukup, tahapan melaksanakan strategi diperoleh persentase sebesar 48,00?ngan kategori cukup, dan tahapan melihat kembali serta mengevaluasi hasil pekerjaaan diperoleh persentase sebesar 12,00?ngan kategori sangat kurang. |