JudulPenggunaan Media Leaflet Materi Suhu Dan Perubahannya Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Palu |
Nama: DEBI DWI ERIKA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media leaflet materi suhu dan perubahannya terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian The Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII A (n=26) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B (n=26) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu perangkat pembelajaran, media leaflet, tes hasil belajar fisika dan lembar observasi. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh skor rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 65,38, sedangkan kelas kontrol sebesar 50,38. Hasil uji hipotesis dua pihak menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 3,79 dan ttabel = 2,01 yang berarti thitung > ttabel pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 50. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung berada pada daerah penolakan H0 dan H1 diterima, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan media leaflet dengan yang tidak menggunakan media leaflet. Hal ini diperkuat oleh hasil uji N-gain kelas eksperimen yang menggunakan media leaflet memperoleh nilai g = 0,48 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan media leaflet memperoleh nilai g = 0,29 dengan kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media leaflet materi suhu dan perubahannya terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Palu. Kata Kunci : Media leaflet, Suhu dan perubahannya, Hasil belajar fisika |