JudulPENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 SIGI |
Nama: SYARIF |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK SYARIF, 2022. Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Sigi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing. Drs. H. Amiruddin Hatibe, M.Si dan Muhammad Zaky, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar Fisika Siswa Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep usaha kelas VIII SMP Negeri 11 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sigi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 25 orang. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validator ahli. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest kelas eksperimen 15,46 lebih tinggi daripada skor rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 10,38. Uji hipotesis uji-t (dua pihak), diperoleh thitung = 10,80 dan t(0,975)(48) = 3,26 pada taraf nyata ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sigi. |