JudulANALISIS MISKONSEPSI FISIKA DASAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: ULFA DWIYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Ulfa Dwiyanti, 2023. “Analisis Miskonsepsi Fisika Dasar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Dr. Sahrul Saehana, M.Si. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi mahasiswa prodi pendidikan fisika FKIP UNTAD pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Tadulako. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester II kelas B sebanyak 30 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep fisika berupa pilihan ganda beralasan berjumlah 20 butir soal yang disertai CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan subjek penelitian dalam menjawab soal. Data hasil tes kemudian dianalisis untuk menentukan presentase pemahaman konsep, tidak paham konsep dan miskonsepsi pada setiap soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep mahasiswa menggunakan Certainty of Response Index tergolong rendah dengan rata-rata 30,28%, tidak paham konsep sebesar 38,68?n yang mengalami miskonsepsi sebesar 31,04%. Pemahaman konsep tertinggi yaitu pada sub materi Hukum Hidrostatis sebesar 38,35?n pemahaman konsep terendah adalah pada sub materi Hukum Archimedes sebesar 25,67%. Kata Kunci :Miskonsepsi, Fluida Statis, Certailny of Response Index |