JudulPENALARAN SISWA TENTANG HUKUM FARADAY |
Nama: YULIANUZHA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran siswa tentang hukum Faraday. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan penalaran siswa tentang hukum Faraday melalui Interview About Event dengan pola Predict-Observe-Explain. Subjek penelitian ini sebanyak 24 orang dan 11 orang terpilih sebagai responden dengan kategori responden rendah, sedang dan tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penalaran siswa dapat diketahui dari hasil IAE dengan pola POE yang datanya berupa transkip wawancara. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas XII dapat memprediksi fenomena yang terjadi sebelum mengamati demonstrasi hukum Faraday akan tetapi, hanya sebagian kecil siswa yang dapat menjelaskan proses terbentuknya GGL induksi hukum Faraday. |