JudulPEMBELAJARAN MODUL FISIKA BERBASIS INKUIRI DI MASA PANDEMI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TINOMBO |
Nama: SARASWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Saraswati, 2022. Pembelajaran Modul Fisika Berbasis Inkuiri di Masa Pandemi di Kelas XI SMA Negeri 1 Tinombo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Amiruddin Hatibe, M.Si. Kata Kunci : Pembelajaran, Modul Berbasis Inkuiri, hasil belajar, minat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) minat peserta didik terhadap pembelajaran dengan modul berbasis inkuiri di masa pandemi, (2) pengaruh modul fisika berbasis inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan kombinasi.. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tinombo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar dan kuesioner minat. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukan bahwa skor rata-rata posttest 22,21 lebih tinggi dari skor rata-rata pretest yaitu 5,94. Uji hipotesis (uji-t) diperoleh nilai thitung > ttabel atau 21,36 > 2,034 pada taraf nyata ? = 0,05 Hal ini berarti nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Adapun data yang diperoleh dari uji N-Gain yaitu nilai ratarata persentase N-Gain sebesar 0,5 termasuk dalam kriteria sedang karena memenuhi persentase N-Gain > 0,3. Hasil analisis data kuesioner minat menunjukkan bahwa Presentase minat seluruh peserta didik sebesar 86,42% yang berada pada kategori sangat berminat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat peserta didik terhadap pembelajaran sangat baik serta terdapat pengaruh penggunaan modul berbasis inkuiri terhadap hasil belajar. |