JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWACALON GURU FISIKA PADA MATERI HUKUM PERTAMA TERMODINAMIKA |
Nama: NI LUH TRISNAYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Termodinamika merupakan cabang ilmu Fisika yang memusatkan perhatian pada energi (terutama energi panas) dan transformasinya dan menjadi salah satu materi yang sulit dikuasai siswa di tingkat SMA hingga mahasiswa di tingkat universitas. Konsep termodinamika yang bersifat abstrak membuat siswa sering mengalami miskonsepsi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, serta mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru fisika pada materi hukum pertama termodinamika. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: tes tertulis yang berupa sepuluh butir soal pilihan ganda, tes pemecahan masalah berupa 4 soal essay disertai dengan Thinking aloud (TA),dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako dengan menggunakan Proses pemecahan masalah oleh Mettes dan Pilot berada pada kategori cukup dengan presentasi sebesar 44,45%. Hasil persentase kemampuan pemecahan masalah pada materi hukum satu termodinamika berdasarkan tahapan pemecahan masalah yaitu sebesar 64,67?pat menganalisis masalah, 53,33?pat merencanakan tujuan masalah, 61,33?pat menganalisis masalah, 48,67?pat melakukan penilaian dengan melihat kembali dan menuliskan kesimpulan. |