JudulPENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA TENTANG TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) |
Nama: LILI KURNIATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak RINGKASAN Lili Kurniati, 2020 Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tentang Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Drs. Syamsu, M. Si. Kata Kunci : Pengetahuan, Guru, TPACK. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada mahasiswa program studi pendidikan fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Responden pada penelitian ini dipilih menggunakan Tes Seleksi Responden kepada 32 mahasiswa, dari 32 mahasiswa dipilih 6 responden berdasarkan kategorinya yaitu tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes pengethuan TPACK berupa soal uraian TPACK sebanyak 7 butir soal yang digunakan untuk mengukur 7 domain TPACK yaitu : 1. Technological Knowledge, 2. Content Knowledge, 3. Pedagogical Knowledge, 4. Technological Content Knowledge, 5. Pedagogical Content Knowledge, 6. Technological Pedagogical Knowledge, 7.Technological Pedagogical Content Knowledge. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan TPACK mahasiswa fisika berada dalam kategori cukup baik dengan rerata sebesar 50,00 %. Hasil analisis menunjukan pengetahuan mahasiswa fisika belum mampu dalam mengintegrasikan pemanfaatan teknologi, pedagogik dan materi ajar ke dalam pembelajaran akan tetapi mahasiswa fisika telah mengetahui pelaksanakan pembelajaran berbasis Teknologi dan Informasi (TIK). |