JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL SISWA SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA |
Nama: JUMARNI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Jumarni, 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa SMA Negeri 1 Dampal Selatan Dalam Menyelesaikan Masalah Fisika. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Marungkil Pasaribu, M.Sc. Kata Kunci : Fisika, Kemampuan, Berpikir Lateral, Masalah Fisika. Berpikir lateral merupakan pemecahan masalah melalui pendekatan langsung dan pendekatan kreatif, dengan menggunakan penalaran dan melibatkan ide-ide yang mungkin tidak diperoleh dengan menggunakan langkah demi langkah pola tradisional. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan berfikir lateral siswa SMAN 1 Dampal Selatan dalam menyelesaikan masalah fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas X IPA III SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Pengumpulan data meliputi tes, dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes berpikir lateral sebanyak 2 butir soal tentang materi gerak melingkar, kemudian dilakukan wawancara lebih mendalam terhadap responden berkaitan dengan materi gerka melingkar. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan bepikir lateral siswa SMA Negeri 1 Dampal Selatan dalam kategori rendah. Oleh karena berpikir lateral dapat membantu siswa dalam pembelajaran fisika, maka berpikir lateral dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi para guru untuk sering di latih dan di tingkatkan dalam pembelajaran fisika selanjutnya. |