JudulKEMAMPUAN SISWA DALAM REPRESENTASI DAN INTERPRETASI GRAFIK KINEMATIKA |
Nama: INE IRAHMADANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ine Irahmadani (2022). Kemampuan Siswa Dalam Representasi Dan Interpretasi Grafik Kinematika, Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Drs. Kamaluddin, M.Si, Ketut Alit Adi Untara, S.Pd Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang betujuan untuk mengetahui kemampuan representasi dan interpretasi siswa SMA kelas X terhadap grafik kinematika. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sindue. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 62 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes seleksi responden, tes esai kemampuan menginterpretasi grafik dan wawancara. Tes seleksi terdiri dari 20 butir soal yang diberikan kepada 62 siswa untuk menentukan 6 responden serta tes essay kemampuan merepresentasi dan menginterpretasi grafik terdiri dari 4 soal yang diberikan kepada 6 responden terpilih. Berdasarkan penelitian, hasil menunjukkan bahwa kemampuan merepresentasi dan menginterpretasi siswa SMA terhadap grafik kinematika dalam kategori rendah. Kata Kunci : Representasi, Interpretasi, Grafik, Kinematika. |