JudulPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu |
Nama: YULAN HALID |
Tahun: 2020 |
Abstrak Yulan Halid. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Muslimin, M.Si. Kata Kunci : Alat Peraga, Hasil Belajar, Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantun alat peraga terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “The Non Equivalen Pretest-Posttest Group Design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi melaui validitas tes. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 8,00 dengan standar deviasi sebesar 2,59. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes akhir 5,94 dengan standar deviasi sebesar 2,36. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 3,40 dan ttabel = 2,02. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Hasil ini memberi peluang untuk menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. |