JudulKENDALA GURU IPA DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU K13 (Studi Kasus Di SMP/MTs Se-Kota Palu) |
Nama: OKTAVIANI NOVITA DEWI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Oktaviani Novita Dewi, 2021. Kendala Guru IPA dan Siswa dalam Pembelajaran IPA Terpadu K13 (Studi Kasus di SMP/MTs se-Kota Palu). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing : Supriyatman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kendala-kendala dan mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dialami guru IPA dan siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs se-Kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA yang mengajar pembelajaran IPA Terpadu K13 dan siswa yang mempelajari IPA Terpadu K13. Instrumen yang digunakan adalah angket berbentuk checklist sebanyak 28 nomor untuk guru dan 24 nomor untuk siswa, serta pedoman wawancara. Pemilihan sekolah diambil berdasarkan zonasi perwakilan sekolah dari Kecamatan Palu Timur dan Palu Selatan. Hasil diperoleh jenis kendala guru yaitu alat dan sumber pembelajaran, pemberian evaluasi, metode dan strategi pembelajaran, latar belakang pendidikan, pemahaman memahami materi IPA, pembelajaran IPA secara terpadu, dan kondisi laboratorium. Adapun cara mengatasi kendala pada guru yaitu mencari sumber belajar online, soal evaluasi dijadikan pekerjaan rumah, menggunakan metode dan strategi yang divariasi, banyak belajar dengan menambah wawasan di bidang IPA terpadu, dan membuat alat praktikum sederhana. Sedangkan kendala yang terjadi pada siswa yaitu pemahaman materi IPA, tidak minat belajar, teman mengajak bolos, dan orang tua sibuk. Cara mengatasi kendala pada siswa yaitu menanyakan kepada guru materi yang belum dipahami, dan mencatat materi supaya tidak bosan belajar, menolak ajakan teman untuk bolos, dan belajar sendiri di rumah melalui internet. Kata Kunci : Kendala Guru dan Siswa, Pembelajaran IPA Terpadu K13, Studi Kasus |