JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONSEP DASAR KESETIMBANGAN BENDA TEGAR |
Nama: NI GUSTI AYU PUTU W |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ni Gusti Ayu Putu W (2023), Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Konsep Dasar Kesetimbangan Benda Tegar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Muslimin, M.Si. Kata Kunci : Pemecahan masalah, konsep dasar, kesetimbangan benda tegar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengambarkan kemampuan pemecahan masalah dan konsepsi siswa tentang kesetimbangan benda tegar.responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa. Data diperoleh melalui tes seleksi responden untuk menentukan responden yang akan diteliti, kemudian tes kemampuan pemecahan masalah serta wawancara untuk mendukung perolehan data yang lebih akurat. Tes seleksi responden sebanyak 20 butir yang berupa pilihan ganda sedangkan tes kemampuan pemecahan masalah siswa berupa soal essay sebanyak 5 butir soal yang dikerjakan oleh responden. Rsponden penelitian yang diwawancarai berjumlah 6 orang berdasarkan kategori tinggi ,sedang, dan rendah yang diperoleh dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dan standar deviasi. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh siswa belum dapat mengerti mengenai pemecahan masalah kesetimbangan benda tegar. Hal ini disebabkan karena siswa belum dapat memahami konsep yang ada pada materi kesetimbangan benda tegar, karena pada dasarnya jika siswa belum mampu memahami konsep pada suatu materi maka siswa juga tidak akan mampu menggunakan rumus yang benar pada saat mengerjakan soal dan dari hasil wawancara siswa mengatakan bahwa rumus pada materi kesetimbangan benda tegar terlalu sukar dimengerti. |