Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA SIMULASI PHYSICS EDUCATION AND TECHNOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 MODEL PALU
Nama: MELGYANDTIANO ARUNG PADANG
Tahun: 2020
Abstrak
RINGKASAN Melgyandtiano Arung Padang, 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Simulasi Physics Education and TechnologyTerhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Drs. Syamsu, M.Si. Kata Kunci : Kooperatif Tipe NHT, Simulasi PhET, Hasil Belajar Fisika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan media simulasi Physics Education and Technology terhadap hasil belajara fisika siswa kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dan desain penelitian adalah the equivalent pretest-postest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 4 (n = 30 sebagai kelas eksperimen 1) dan kelas XI MIPA 3 (n = 28 sebagai kelas eksperimen 2). Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validasi item. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 2 adalah 19,14 lebih tinggi dari kelas eksperimen 2 yaitu 15,10. Uji hipotesis uji t (dua pihak) diperoleh thitung = 4,59 dan ttabel= 2,00 pada tanyata ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima dengan kata lain terdapat perbedaan hasilbelajar fisika antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan media simulasi Physics Education and Technologyterhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas XI SMA Negeri 05 Model Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up