JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII SMP LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: MALKAYANTI S. SANGADJI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Perbedaan hasil belajar fisika antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction pada siswa kelas VIII SMP Labschool UNTAD Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan eqivalent pretest posttest goup design. Populasi Uji coba penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri Model Madani Terpadu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Labschool UNTAD Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian kelas VIII D berjumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C berjumlah 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validasi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen 20,38 dengan standar deviasi 3,06 Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 17,98 dengan standar deviasi 3,62. Uji hipotesis Uji t (dua pihak), diperoleh thitung = 2,53 dan ttabel = 2,02. pada taraf nyata = 0,05. Hal ini menunjukkan thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Perbedaan hasil belajar fisika antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan model pembelajaran Direct Intruction pada siswa kelas VIII SMP Labschool UNTAD Palu. |