Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 19 PALU
Nama: LINDA S. PAGAJA
Tahun: 2020
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII SMPN 19 Palu. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen kuasi dengan desain the equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 19 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang yang digunakan berupa tes hasil belajar IPA fisika dalam bentuk soal pilihan ganda. Tes hasil belajar IPA fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest kelompok eksperimen yaitu 8,14 dan kelompok kontrol yaitu 8,27, sedangkan skor rata-rata posttest kelompok eksperimen yaitu 22,86 dan kelompok kontrol yaitu 20,65. Berdasarkan hasil uji hipotesis posttest diperoleh t_hitung=2,54 dan t_tabel=2,01 pada taraf signifikan a=0,05. Ini menunjukkan bahwa nilai t_hitung berada pada daerah penolakan H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII SMPN 19 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up