Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI KONSEP HIDROSTATIKA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TYPE CONNECTED DI SMP NEGERI 1 MENUI KABUPATEN MOROWALI TAHUN AJARAN 2019/2020
Nama: CITRA DEWI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Citra Dewi, 2019. Implementasi Konsep Hidrostatika pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected di SMP Negeri 1 Menui Kabupaten Morowali Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Amiruddin Hatibe, M.Si Kata Kunci: Implementasi pembelajaran IPA terpadu, tipe Connected, pengembangan perangkat, dan konsep Hidrostatika. Masalah yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar IPA di SMP Negeri Menui adalah kemampuan guru dalam hal materi (substansi) dan metode pembelajaran. Ditinjau dari pembelajaran, pada umumnya berjalan sangat abstrak, text book oriented dan tidak terkait dengan lingkungan tempat tinggal siswa, terlalu menekankan pada pendekatan keilmuan (scientific approach) serta kurang memperhatikan tingkat perkembangan kognitif siswa. Tujuan Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, respon siswa dan hambatan-hambatan yang temui pada penelitian yang diujicobakan pada siswa SMP Negeri 19 Palu Kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 9 orang. Pengembangannya menggunakan rancangan model Kemp, yang implementasinya menggunakan rancangan One-group Pretest-Posttes design. Data hasil penelitian menggunakan intrumen Tes dan Angket, dengan analisis dekriptif kuantitatif pada Kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan terpadu tipe connected bahan kajian konsep Hidrostatik dapat menuntaskan hasil belajar siswa dengan tingkat ketuntasan individu dan klasikal rata-rata 94 %, TPK tuntas dengan prosentase 86 % serta sensitivitas tergolong baik. Respon siswa terhadap perangkat dan pembelajaran IPA terpadu dinilai oleh siswa dengan predikat baik dan sangat baik. Sedangkan hambatan-hambatan yang ditemui terutama adalah: Alat dan bahan yang tersedia di sekolah relatif minim, kurangnya keterampilan siswa dalam membaca skala neraca pegas, sulitnya memperoleh alokasi waktu tiga jam pelajaran dalam satu kali pertemuan, yang kesemuanya dapat diatasi dengan baik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up