Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR & SHARE BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA LABSCHOOL UNTAD PALU
Nama: ALWIA
Tahun: 2020
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair & Share berbantuan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Labschool UNTAD Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah ekperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Labschool UNTAD Palu dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 1 (n=24 sebagai kelas eksperimen) dan kelas X MIA 2 (n=22 sebagai kelas kontrol). Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validasi item. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas kelas eksperimen adalah 17,1 7dan kontrol adalah 12,05. Uji hipotesis atau uji t (dua pihak) diperoleh thitung = 19,46 dan ttabel= 1,68 pada taraf signifikan ? = 0,05. Ini berarti bahwa thitung berada di luar daerah penerimaan H0, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain ada pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Think, Pair & Share berbantuan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Labschool UNTAD Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up