JudulHUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMPIBABO |
Nama: AGUS SALIM |
Tahun: 2023 |
Abstrak Agus Salim, 2023. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Ampibabo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkian, Universitas Tadulako, Pembimbing Sahrul Saehana. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika pada siswa kelas XI SMA N 1 Ampibabo. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Ampibabo pada siswa kelas XI IPA C berusia antara 16-17 tahun yang terdiri atas 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif kuantitatif jenis korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan hasil belajar sebagai variable terikat. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling yang dipergunakan adalah dengan cara memilih salah satu kelas populasi yang di anggap homogen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen berupa angket kecerdasan emosional dan tes hasil belajar yang meliputi ranah kognitif yang dapat diukur dengan evaluasi dalam bentuk tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji korelasi product moment pada sampel berjumlah 29 orang diperoleh hasil rxy=0,866. Hal ini di dasarkan pada persamaan uji t diperoleh hasil t hitung ? t tabel atau 8,998 ? 1,703 dengan taraf nyata ? = 0,05 pada dk = n - 2 = 29 – 2 = 27. Dengan demikian hasil ini membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika. Kata Kunci: Kecerdasan, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Fisika |