JudulIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST PADA SISWA SMA IT QURROTA A’YUN SIGI |
Nama: INDRI SUPU |
Tahun: 2022 |
Abstrak Indri, 2021. Identifikasi Pemahaman Konsep Pada Materi Usaha Dan Energi Menggunakan Instrumen Three Tier Test Pada Siswa SMA IT Qurrota A’yun Sigi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Muhammad Jarnawi, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada materi usaha dan energi pada siswa SMA IT Qurrota A’yun Sigi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI pada semester genap tahun 2020/2021 yang diikuti oleh 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes pemahaman konsep pada materi usaha dan energi yang menggunakan tes berwujud pilihan ganda tiga tingkat. Pada tingkat pertama berisi jawaban peserta didik, kedua alasan dari jawaban, dan ketiga tingkat keyakinan. Analisis data dilakukan dengan mencari persentase pemahaman konsep dari masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dalam paham konsep usaha dan energi masih tergolong rendah dengan persentase rata-rata sebesar 10,00%, miskonsepsi sebesar 50,77%, dan tidak paham konsep sebesar 39,23%. Paham konsep yang paling tertinggi dari semua soal terdapat pada nomor 8, miskonsepsi yang paling tertinggi pada nomor 1 dan tidak paham konsep paling tertinggi dari semua soal terdapat pada nomor 19. Kesulitan identifikasi pemahaman konsep disebabkan siswa banyak yang keliru cara mengerjakan soal dan kesulitan mengkaitkannya dengan konsep ilmu ilmiah, dan kurang memahami materi dengan baik. Kata Kunci: Pemahaman konsep, Three Tier Test. |