JudulMODEL PEMBELAJARAN TANDUR (Tumbuhkan-Alami-Namai-Demonstrasi-Ulangi-Rayakan) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA |
Nama: ANRIANA ALBERTIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Anriana Albertin, 2023. Model Pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan-Alami-Namai-Demonstrasi-Ulangi-Rayakan) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Drs. Kamaluddin, M.Si Kajian dan review ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan-Alami-Namai-Demonstrasi-Ulangi-Rayakan) dan pengaruhnya terhadap hasil belajar Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian kepustakaan tentang model pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan-Alami-Namai-Demonstrasi-Ulangi-Rayakan) dan pengaruhnya terhadap hasil belajar Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan dengan mereview 10 artikel yang relevan. Penelitian ini menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama, acuan pokok yang digunakan yaitu artikel dalam jurnal yang membahas mengenai pokok permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jurnal dalam kurun waktu 10 tahun terakhir diketahui bahwa model pembelajaran TANDUR berpengaruh terhadap hasil belajar fisika. Model pembelajaran TANDUR sangat membantu dalam upaya guru meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran TANDUR dirancang untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan pemberian pengalaman belajar melalui pengamatan, penyelidikan, maupun diskusi atas permasalahan yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Pengalaman belajar tersebut dikemas dalam skenario pembelajaran yang menyenangkan. Kata Kunci : Model Pembelajaran, TANDUR (Tumbuhkan-Alami-Namai-Demonstrasi-Ulangi-Rayakan), Hasil belajar |