Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA KONSEP DENGAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS VII SMP NEGERI 9 PALU
Nama: RILI SENIATI BETALINO
Tahun: 2020
Abstrak
Perbandingan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbatuan Peta Konsep dengan Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika di Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Amiruddin Hatibe. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa ketika pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep dan pembelajaran yang hanya menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa bantuan peta konsep dan mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar IPA Fisika ketika menggunakan model pemebelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Penelitian ini dilakukan dengan dua kelompok yaitu kelas VII E sebagai kelompok eksperimen (n = 20) dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol (n = 20). Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t dua pihak. Hasil analisis data diperoleh rata-rata kelas eksperimen 55,25 dengan standar deviasi 15,06 dan rata-rata kelas kontrol 54,50 dengan standar deviasi 13,88. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t dua pihak diperoleh –ttabel¬ ? thitung ? +ttabel (thitung 0,35 dan ttabel1,68) dengan taraf signifikansi (?) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 38. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan maka H1 ditolak dan H0 diterima sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPA fisika antara model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Peta Konsep dengan model inkuiri terbimbing tanpa Peta Konsep siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palu

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up