JudulANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KALOR MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST YANG DIAJAR SECARA DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: FAJAR THORIQ ILHAM AKUB |
Tahun: 2022 |
Abstrak Fajar Thoriq Ilham Akub, 2022. Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kalor Menggunakan Three Tier Diagnostic Test Yang Diajar Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 9 Palu. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Dr. Muslimin, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi kalor menggunakan three-tier diagnostic test yang diajar secara daring di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 9 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI SMA Negeri 9 Palu berjumlah 20 orang yang telah selesai diajar materi kalor. Instrument yang digunakan berupa tes pilihan ganda disertai dengan Certain Of Response Index (CRI) serta alasan dan wawancara. Responden yang di wawancarai terdiri dari siswa-siswi yang mengalami miskonsepsi. Hasil pnelitian ini menunjukan bahwa terdapat miskonsepsi siswa yang terjadi pada pembelajaran daring di SMA Negeri 9 Palu dan berada pada kategori sedang sebesar 30,5 %. Angka ini menunjukan bahwa pembelajaran daring masih kurang efektif diterapkan karena factor jaringan yang tidak memadai untuk pembelajaran daring. Kata Kunci: Miskonsepsi, Certain of Response Indeks (CRI), Three-Tier Diagnostic Test. |