JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI KALOR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SOJOL |
Nama: ISMAYA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ismaya, 2021. Pengaruh Model Problem based learning dengan media audio visualTerhadap Pemahaman Konsep Materi Kalor Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sojol. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. I Komang Werdhiana, M.Si Kata Kunci : Problem based learning, Media Audio Visual, Pemahaman Konsep, Kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning dengan media audio visual terhadap pemahaman konsep materi kalor siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sojol. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the ekivalen pretest-posttest design. Sampel dipilih secara purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA A sebagai kelas eksperimen dan XI MIA B sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata skor post-test kelas eksperimen sebesar 33,67 dan kelas kontrol sebesar 24,53. Analisis data dilakukan dengan tekhnik statistic uji-t dua pihak. Hasil analisis diperoleh nilai thitung = 7,42. Nilai ttabel = t(0,025)(35) = 2,03 pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = 18 + 19 - 2 = 35. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho sehingga H1 diterima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model problem based learning dengan media audio visualterhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sojol. |