JudulPENERAPAN KOMIK BERBASIS ETHNOSCIENCE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMP POKOK BAHASAN KALOR |
Nama: MU'ILA NUR |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan komik berbasis ethnoscience sebagai media pembelajaran fisika SMP pokok bahasan kalor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen lemah dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palu. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh bagian dari populasi sebanyak 22 orang. Instrumen hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan oleh validator ahli. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukan bahwa skor rata-rata posttest 21,86 lebih tinggi dari skor rata-rata pretest yaitu 5,77. Adapun uji peningkatan hasil test (N-Gain) antara pretest dan posstes didaptkan yaitu sebesar 85,32. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan komik berbasis ethnoscience sebagai media pembelajran fisika SMP pokok bahasan kalor. Kata Kunci : Pengaruh, Komik Berbasis Ethnoscience. |