JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 2 PALU |
Nama: RINA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rina, 2022. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe MURDER terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas XI MIA MAN 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. H. Amiruddin Hatibe, M. Si. Pembimbing (II) Ielda Paramita, S. Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER terhadap hasil belajar fisika pada Siswa kelas XI MIA di MAN 2 Palu. Penelitian ini bersifat eksperimen kuasi, menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Palu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 210 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk pilihan ganda berjumlah 17 butir soal yang dilakukan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan posttest yang dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata pretest sebesar 9,63 dan hasil posttest sebesar 13,87 dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > tTabel pada taraf signifikansi 5% atau ? 0,05 yakni 8,75 > 2,00. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe MURDER, Discovery Learning, Hasil Belajar |