JudulANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON |
Nama: SULVIANA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Sulviana, 2020. Analisis keterampilan berpikir kritis serta kemandirian belajar siswa SMA pada materi Hukum Newton. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Marungkil Pasaribu M.Sc Kata Kunci : Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengeidentifikasi tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi Hukum Newton. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemandirian belajar yang dimiliki siswa SMA Untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar siswa terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA pada materi Hukum Newton. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 20 siswa SMA kelas XI. Instrumen penelitian pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai berpikir kritis, angket kemandirian belajar dan wawancara. Tes esai berupa soal uraian keterampilan berpikir kritis pada materi hukum Newton. Tes esai tediri dari 5 butir soal yang diberikan kepada subjek penelitian. Kemudian dilakukan wawancara dilakukan kepada 6 responden yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori cukup dengan presentasi rata-rata 59%, sedangkan kemandirian belajar siswa pada kategori baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis kedua variabel menggunakan uji rank spearman menggunakan SPSS diperoleh bahwa kedua variabel tidak memiliki hubungan yang signifikan. Hal ini ditunjukan dengan nilai rhitung sebesar 0,256 kemudian dibandingkan dengan nilai rtabel sebesar 0,450. Nilai korelasi tersebut berada pada kategori lemah. |