JudulPENGARUH METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI BASIDONDO |
Nama: I KADEK SETIYASA |
Tahun: 2023 |
Abstrak I Kadek Setiyasa, 2023. Pengaruh Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri Basidondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Gustina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Everyone Is A Teacher Here, (ETH), Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri Basidondo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain the equivalent pretest-posttest group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu X Pertanian (n = 20 sebagai kelas eksperimen) dan kelas X Peternakan (n = 18 sebagai kelas kontrol). Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes hasil belajar fisika dalam bentuk esai. Dari hasil analisis data posttest diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen adalah 21,35 dari skor ideal 28,00 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 18,72 dari skor ideal 28,00. Hal ini menunjukan skor rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan hasil uji hipotesis uji-t (dua sisi) diperoleh thitung = 1,97 ? ttabel = 1,68 pada taraf ?= 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan persentase pengaruh yang diberikan sebesar 73% pada kategori sedang sehingga, disimpulkan terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri Basidondo. |