JudulPengembangan Media Video Pembelajaran Tema Gempa Bumi Menggunakan Four Step Teaching Materials Developmen (4S-TMD) Di MAN Insan Cendekia Palu |
Nama: NURUL SAFIRA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Nurul Safira, 2020 Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema Gempa Bumi Menggunakan Four Step Materials Development (4S-TMD) di MAN Insan Cendekia Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Sahrul Saehana, M.Si Kata Kunci: media pembelajaran tema gempa bumi, four step teaching materials development. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas dan kelayakan media video pembelajaran tema gempa dengan menggunakan empat langkah pengembangan bahan ajar (4S-TMD). Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada desain pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Al-Qomar (N = 18) MAN Insan Cendekia Palu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Hasil analisis data validasi hasil analisis ahli materi dan ahli media menunjukkan skor rata-rata 3 atau dengan persentase 75?ngan kategori baik, penilaian guru menunjukkan skor rata-rata 3,84 dalam kategori baik, dan tanggapan siswa. siswa menunjukkan skor rata-rata 3,28 atau dengan persentase skor 82?ngan kategori setuju sepenuhnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran tema gempa yang dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan bahan ajar empat langkah (4S-TMD) layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang diolah dengan menggunakan metode yang sesuai membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Selain itu, video pembelajaran yang dihasilkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas, berkelompok maupun mandiri. |