Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Pokok Bahasan Pemanasan Global Di Smp Negeri 13 Sigi Tahun Ajaran 2019/2020
Nama: I PUTU KUSUMA YUDA
Tahun: 2020
Abstrak
Penlitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan pemanasan global di SMP Negeri 13 Sigi Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dan desain penelitian adalah the equivalent pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 13 Sigi dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Sampel penelitian adalah kelas VII A (n = 24 sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII C (n = 24 sebagai kelas kontrol). Istrumen penelitian adalah tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validasi item. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 15,08 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 12,62. Uji hipotesis uji t (dua pihak) diperoleh thitung = 5,01 dan ttabel = 2,01 pada taraf signifikan ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerima H0, dengan dimikian H0 ditolak dan H1 diterima dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan dimikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model reciprocal teaching berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 13 Sigi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up