Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PHET SIMULATION)
Nama: FADHEL TIAWAN
Tahun: 2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika pada materi gerak lurus melalui penerapan laboratorium virtual. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Palu pada 25 orang siswa kelas X IPA 5. Pada penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa tes pemahaman konsep dan wawancara. Peneliti menentukan 2 responden pada tiap kategori tinggi,sedang,dan rendah. Tiap kategori ditentukan berdasarkan nilai standar deviasi pada hasil olah nilai tes pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa penggunaan media laboratorium virtual dalam pembelajaran fisika memberikan dampak positif bagi proses belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes akhir yang menunjukkan nilai tes siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 65,2. Sehingga dapat disumpulkan bahwa, pemahaman konsep siswa setelah melakukan pembelajaran berbasis media laboratorium virtual mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata berada pada kategori sedang. Siswa yang berada pada kategori tinggi dan sedang sudah memahami konsep pada materi gerak lurus dengan baik, seperti konsep percepatan, Hukum I Newton, Hukum II Newton, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Sedangkan Siswa pada kategori rendah belum memahami konsep yang ada pada materi gerak lurus.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up