JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: ARHAM ARISKI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Arham Ariski, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Teknik Clustering Terhadap Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Muslimin, M.Si. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL) , Clustering, Pemahaman Konsep, Usaha dan Energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan teknik clustering terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X IPA 2 yang berjumlah 33 orang terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 orang terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal berbentuk esai berjumlah 5 soal dan telah tervalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 14,55 dan kelas kontrol sebesar 12,91. Analisis data dilakukan dengan tekhnik statistic uji-t dua pihak. Hasil analisis dipeoleh nilai thitung = 6,75. Nilai ttabel = t(0,05)(64) = 1,67 pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = 33 + 33 -2 = 64. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0 sehingga H1 diterima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan teknik clustering terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. ? |