Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Perilaku Pemecahan Masalah Pada Materi Listrik Statis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Labshcoll UNTAD Palu
Nama: KHADIJA
Tahun: 2022
Abstrak
Khadija, 2021. “Analisis Perilaku Pemecahan Masalah Pada Materi Listrik Statis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Labshcoll UNTAD Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: I Komang Werdhiana M,Si Kata Kunci : perilaku pemecahan masalah, gaya belajar Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perilaku pemecahan masalah siswa pada materi Listrik Statis ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini berupa penilitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII MIA 3 SMA Labschool Untad Palu yang telah mengikuti pembelajaran pada materi listrik statis disekolah tersebut, dalam penelitian ini berjumlah 6 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Angket gaya belajar ini terdiri dari 27 butir pertanyaan dengan tiga pilihan jawaban. Sedangkan tes pemecahan masalah terdiri dari 5 soal essay, pada tiap soal diselesaikan dengan menggunakan tahapan polya. Teknik pengambilan responden dalam penelitian ini adalah dengan pemberian angket gaya belajar kepada seluruh siswa Kelas XII MIA 3 SMA Labshcool Untad Palu, hasil pengisian angket dikelompokan kedalam tiga bentuk gaya belajar yaitu visual, auditorial dan kinestetik. Dari hasil pengelompokan ketiga gaya belajar tersebut, diambillah 2 orang pada tiap gaya belajar berdasarkan skor paling tinggi pada tiap kategori gaya belajar. Siswa yang terpilih dari ketiga gaya belajar tersebut selanjutnya akan diberikan tes pemecahan masalah fisika dengan menggunakan teknik Thinking Aloud. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responden dengan gaya belajar visual cenderung peda jenis perilaku MBE-justification dan MBA-full context, responden dengan gaya belajar auditorial cenderung pada jenis perilaku MBA-full context, MBE-justification dan DTA-Not proficient, dan responden gaya belajar kinestetik cenderung peda jenis perilaku MBA-full context, dan DTA-Not proficient.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up